Tutorial Install WordPress di Localhost

Pengertian WordPress

Salah satu CMS terkemuka di dunia perwebsite-an antara lain yakni WordPress. WordPress merupakan sebuah CMS (Content Management System) yang dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL (MariaDB). Hingga kini, WordPress telah menciptakan jutaan website. Semisal di Indonesia seperti website untuk website kampus, website pemerintah hingga website UMKM.

Mengapa harus WordPress ?

WordPress sangat mudah untuk diinstall, mudah untuk dicustomize, mudah untuk orang awam dalam penggunaanya. Banyak sekali komunitas pengguna WordPress salah satunya komunitas WordPress Indonesia di Facebook yang telah mencapai 45,249 anggota (20 April 2020), sehingga jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan tanyakan di grup tersebut.

Instalasi WordPress di Localhost

Untuk menginstall WordPress di localhost pada OS Windows berikut adalah tata caranya sebagai berikut :

  1. Pastikan server localhost berjalan dengan baik, pada umumnya server localhost menggunakan XAMPP. Apabila XAMPP belum ada di komputermu, download dan install XAMPP di link berikut ini -> Download XAMPP
  2. Download WordPress terbaru di situs resmi WordPress pada link berikut ini -> Download WordPress
  3. Setelah didownload, ekstrak file tersebut ke directory server localhost. Default direktori dari XAMPP server di C:/xampp/htdcos
  4. Setelah diekstrak, buka browser seperti Google Chrome / Mozilla Firefox. Ketik alamat localhost/wordpress, jika kalian sudah mengganti nama foldernya silahkan ketik url menjadi localhost/namafolder.
  5. Selanjutnya, tampil halaman awal instalasi WordPress yakni memilih bahasa yang akan digunakan, jika sudah klik Continue.
  6. Step berikutnya, tampil halaman introduce tentang WordPres apa yang harus disiapkan. Jika sudah dibaca maka klik Let’s go!
  7. Step berikutnya, tampil halaman konfigurasi untuk database yang dimana harus mengisikan nama database, user database, password database, host database dan table prefixnya. Untuk itu buka satu tab disebelahnya untuk membuat database dan ketik url localhost/phpmyadmin. Kemudian buatlah sebuah database untuk WordPress yang akan digunakan. Jika sudah membuat database, kembali ke halaman konfigurasi database dan isikan nama database sesuai dengan yang telah dibuat sebelumnya. Untuk server localhost user root dan passwordnya dikosongkan, database host masukan localhost, table prefix untuk digunakan penambahan nama table didepannya. Jika sudah semua klik Submit dan apabila berhasil maka akan lanjut ke halaman selanjutnya yakni Run the Installation.
  8. Step berikutnya yakni untuk konfigurasi website WordPressnya, pada halaman ini harus mengisikan Judul situs, username, password, email dan memilih search visibility, apakah wordpress kita mau terindeks di mesin pencari atau tidak. Jika sudah klik Install WordPress.
  9. Jika sukses dalam penginstallan WordPress maka akan pemberitahuan bahwa WordPress berhasil diinstall, dan klik Login untuk mencoba masuk ke dashboard menggunakan username dan password berdasarkan pada point 8. Jika berhasil masuk, selamat WordPress sudah berhasil diinstall di Localhost.

Selain tutorial diatas dalam bentuk teks, saya juga membuatnya dalam bentuk video agar mudah memahami instalasi WordPress di Localhost. Video tutorial dapat dilihat dibawah paragraf ini, Terima kasih sudah berkunjung di Ryfan.ID, semoga bermanfaat.