Pengertian, Fungsi dan Penggunaan JavaScript (JS)

Apa itu JavaScript ?

JavaScript atau yang lebih dekat disebut JS merupakan sebuah kode bahasa pemrograman yang dipergunakan untuk website. Dimana website tersebut menjadi lebih interaktif dan dinamis. Bapak JavaScript adalah Brendan Eich, lahir pada tangga 4 Desember 1995 tepat 24 tahun silam dengan official website di js.org. JavaScript berjalan hampir disemua browser, contohnya browser populer seperti Google Chrome, Mozilla FireFox dan Safari Apple. JavaScript disematkan dalam tag HTML SCRIPT . Perlu diingat JavaScript != Java, JavaScript dan Java merupakan 2 bahasa pemrograman yang berbeda.

Lalu apa fungsi dari JavaScript ?

Melihat dari sejarah JavaScript, sebelum ada JavaScript semua proses interaksi dalam suatu website harus melalui / memprosesnya menggunakan web server. Bayangkan jika ada suatu form dimana inputan tersebut tidak sesuai, maka untuk mengeceknya harus mensubmit form tersebut terlebih dahulu baru akan mendapatkan letak dimana inputan yang tidak sesuai.

Nah, untuk itu hadirlah JavaScript sebagai alat untuk pengecekan suatu form dimana inputan tersebut sesuai atau tidak tanpa harus mensubmit form tersebut. Istilah dalam cerita tadi merupakan diperlukannya validasi form. Validasi form inilah yang digunakan untuk pengecekan kebenarannya dari form tersebut.

Selain itu, JavaScript dapat berguna untuk memberikan berbagai animasi pada halaman web, pembuatan fitur chat (obrolan) real-time, efek-efek modern bahkan pembuatan games dengan JavaScript.

Perlu diingat JavaScript yang dijelaskan saat ini adalah JavaScript yang bersifat client-side yakni pengunjung yang datang menggunakan web browser.

Bagaimana penggunaan / implementasi JavaScript ?

Setelah membaca sekilas pengertian JavaScript, JavaScript berfungsi apabila terdapat tag HTML SCRIPT dengan penulisan tag seperti ini <script></script> atau apabila sekedar pemanggilan menggunakan file lain, maka penggunaannya cukup seperti <script src=”/url_path_file/”></script> dan diletakan bisa diantara tag HTML HEAD atau di dalam tag HTML Body sesuai kebutuhannya masing-masing.

Untuk lengkapnya dari sebuah html yang ada JavaScript seperti dibawah ini,

Pada kodingan diatas akan menghasilkan sebuah alert atau pemberitahuan dengan kata “halo, selamat datang” yang akan terlebih dahulu tampil ketika mengaksesnya.

Sekian artikel mengenai Pengertian, Fungsi dan Penggunaan dari JavaScript semoga bermanfaat.